Kunci Jawaban Matematika Kelas 8 Halaman 124 - 126
Soal Latihan 3.3
1. Tuliskan makna dari garis bilangan berikut, sehingga menunjukkan bentuk
pertidaksamaan yang sesuai.
Jawaban :
a. Garis bilangan tersebut bermakna k > 12.
b. Garis bilangan tersebut bermakna k ≤ -4.
a. Garis bilangan tersebut bermakna k > 12.
b. Garis bilangan tersebut bermakna k ≤ -4.
2. Modelkan beberapa permasalahan berikut menjadi bentuk pertidaksamaan
linier satu variabel.
a. Sekolah menyelenggarakan proyek penguatan proil pelajar Pancasila pada
tema kearifan lokal untuk melakukan observasi menggunakan lima bus yang
dapat mengangkut hanya 290 penumpang.
b. Kegiatan penanaman pohon yang dilakukan oleh anggota OSIS setidaknya dua
ratus lima puluh meter di sepanjang jalan di depan sekolah.
c. Pak Doni adalah seorang kuli bangunan kontrak yang sedang mengerjakan
proyek pemerintah dengan penghasilan tidak lebih dari Rp. 3.600.000 setiap
bulannya.
d. Andy memarkir sepeda motor di lapangan sekolah yang banyaknya paling
sedikit tiga ratus lima puluh sepeda motor
e. Pak Doni akan membuat kolam berbentuk balok yang ditunjukkan seperti
gambar di bawah. Volume kolam tersebut tidak kurang dari 60 m².
Jawaban :
a. 5x ≤ 290
b. x ≥ 250
c. x ≤ 3.600.000
d. x ≥ 350
e. 5 x 3 x (x + 2) ≥ 60
15(x + 2) ≥ 60
15x + 30 ≥ 60
15x ≥ 30
x ≥ 2
a. 5x ≤ 290
b. x ≥ 250
c. x ≤ 3.600.000
d. x ≥ 350
e. 5 x 3 x (x + 2) ≥ 60
15(x + 2) ≥ 60
15x + 30 ≥ 60
15x ≥ 30
x ≥ 2
3. Ubahlah kalimat di bawah ini menjadi bentuk model pertidaksamaan linier
satu variabel.
a. Dua kali dari bilangan y lebih dari -5/2
b. Bilangan 9 lebihnya dari z tidak lebih dari 21
Jawaban :
a. 2y > -5/2
b. z + 9 ≤ 21
a. 2y > -5/2
b. z + 9 ≤ 21
4. Bilangan -5 merupakan salah satu penyelesaian dari pertidaksamaan linier
satu variabel berikut. Tunjukkan bahwa -5 tersebut apakah berlaku pada
setiap pertidaksamaan berikut.
a. x + 14 > 9
b. 1 - 2p ≤ - 9
b. 1 - 2p ≤ - 9
c. r + 2 ≥ -3
Jawaban :
a. x + 14 > 9
x > -5 (Tidak Berlaku)
b. 1 - 2p ≤ -9
-2p ≤ -10
p ≤ 5 (Tidak Berlaku)
c. r + 2 ≥ -3
r ≥ -5 (Berlaku)
a. x + 14 > 9
x > -5 (Tidak Berlaku)
b. 1 - 2p ≤ -9
-2p ≤ -10
p ≤ 5 (Tidak Berlaku)
c. r + 2 ≥ -3
r ≥ -5 (Berlaku)
5. Nadia mendapat nilai 97, 82, 89 dan 99 pada 4 tes formatif mata
pelajaran matematika. Untuk mendapatkan nilai A dalam matematika, rata-rata
nilai tes harus sembilan puluh atau lebih. Berapa nilai matematika pada tes
ke-5 Nadia untuk mendapatkan nilai A? Tuliskan pertidaksamaan yang mewakili
ilustrasi Nadia di atas.
Jawaban :
Jumlah seluruh data / banyak data ≥ 90
(97 + 82 + 89 + 99 + x) / 5 ≥ 90
(367 + x) / 5 ≥ 90
x ≥ (90 x 5) - 367
x ≥ 83
Jumlah seluruh data / banyak data ≥ 90
(97 + 82 + 89 + 99 + x) / 5 ≥ 90
(367 + x) / 5 ≥ 90
x ≥ (90 x 5) - 367
x ≥ 83
Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Matematika Kelas 8 Halaman 124 - 126"
Posting Komentar