Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 34
Mari Uji Kemampuan Kalian
Mengingat dan Memahami
1. Apa nama bagian dan fungsi dari setiap struktur sel saraf yang diberi
label A-G?
Jawaban :
A = Dendrit fungsinya menerima rangsang dari sel lain.
B = Nukleus fungsinya pusat aktivitas sel saraf.
C = Badan sel saraf untuk meneruskan rangsang dari dendrit ke akson.
D = Selubung mielin sebagai isolator dan pelindung akson.
E = Sel Schwann untuk membentuk mielin.
F = Nodus Ranvier untuk mempercepat rangsang (tempat masuknya ion).
G = Sinapsis untuk menghubungkan antar sel saraf dengan sel lainnya.
A = Dendrit fungsinya menerima rangsang dari sel lain.
B = Nukleus fungsinya pusat aktivitas sel saraf.
C = Badan sel saraf untuk meneruskan rangsang dari dendrit ke akson.
D = Selubung mielin sebagai isolator dan pelindung akson.
E = Sel Schwann untuk membentuk mielin.
F = Nodus Ranvier untuk mempercepat rangsang (tempat masuknya ion).
G = Sinapsis untuk menghubungkan antar sel saraf dengan sel lainnya.
2. Bagaimana urutan jalannya rangsang sampai dengan diinterpretasikan pada
organ mata, hidung, telinga, lidah, dan kulit?
Jawaban :
1. Jalannya rangsang pada mata = rangsang-kornea-aqueous humorpupil-lensa-vitreous humor-retina-saraf optikus-otak-interpretasi.
2. Jalannya rangsang pada hidung = rangsang-hidung-bulbus saraf optikus-otak-interpretasi.
3. Jalannya rangsang pada telinga =rangsang-daun telinga-saluran telinga luar-membran timfani-tulang pendengaran-kanalis semisirkulariskoklea-saraf auditorius-otak-interpfretasi.
4. Jalannya ransang pada lidah= rangsang-papila-saraf sensoris-otakinterpretasi.
5. Jalannya rangsang pada kulit = rangsang-ujung saraf di kulit-saraf sensoris-otak-interpretasi.
1. Jalannya rangsang pada mata = rangsang-kornea-aqueous humorpupil-lensa-vitreous humor-retina-saraf optikus-otak-interpretasi.
2. Jalannya rangsang pada hidung = rangsang-hidung-bulbus saraf optikus-otak-interpretasi.
3. Jalannya rangsang pada telinga =rangsang-daun telinga-saluran telinga luar-membran timfani-tulang pendengaran-kanalis semisirkulariskoklea-saraf auditorius-otak-interpfretasi.
4. Jalannya ransang pada lidah= rangsang-papila-saraf sensoris-otakinterpretasi.
5. Jalannya rangsang pada kulit = rangsang-ujung saraf di kulit-saraf sensoris-otak-interpretasi.
Mengaplikasikan
3. Robert bisa mengemudi dengan aman tanpa kacamata, tetapi mengalami
kesulitan membaca petunjuk jalan tanpa kacamata. Identifikasi kondisi mata
Robert dan jenis lensa apa yang paling baik digunakan olehnya!
Jawaban :
Robert mengalami kelainan rabun jauh akibat kelainan pada lensanya sehingga bayangan jatuh di depan retina. Kelainan ini dapat ditolong dengan menggunakan lensa cekung (negatif).
Robert mengalami kelainan rabun jauh akibat kelainan pada lensanya sehingga bayangan jatuh di depan retina. Kelainan ini dapat ditolong dengan menggunakan lensa cekung (negatif).
Menalar
4. Buatlah poster tentang kelainan alat indera meliputi jenis kelainan,
penyebab, pengobatan, dan cara pencegahannya!
Jawaban :
Bisa dicari contohnya di google / pinterest.
Bisa dicari contohnya di google / pinterest.
Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 34"
Posting Komentar