Kunci Jawaban PPKN Kelas 8 Halaman 118 Kurikulum Merdeka
Berikut ini adalah pembahasan dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 8 Semester 2
Halaman 118 Kurikulum Merdeka Bab 5 Jati Diri Bangsa dan Budaya Nasional Hal
118 Uji Kompetensi Nomor 1 - 3 Esai. Kunci jawaban ini dibuat untuk membantu
mengerjakan soal ppkn bagi kelas 8 di semester 2 halaman 118.
Kunci Jawaban PPKN Kelas 8 Halaman 118 Kurikulum Merdeka
1. Pada sebuah sekolah terdapat beberapa kegiatan ekstrakurikuler. Secara
umum ada seni tari dan seni bela diri. Tari Tango asal Argentina ternyata
lebih menarik para siswi untuk mendaftar, sementara pendaftar Tari Saman
asal Aceh relatif sepi pendaftar. Sementara, pada seni bela diri,
ekstrakurikuler karate lebih digemari daripada pencak silat merpati putih.
Bagaimana pendapat kalian terhadap fenomena di atas? Apa solusi yang
kalian tawarkan agar budaya nasional lebih banyak diminati oleh siswa dan
siswi di sekolah tersebut?
Jawaban :
Pendapat saya, fenomena tersebut mungkin terjadi karena minat siswa dan siswi di sekolah tersebut terpengaruh oleh faktor-faktor seperti popularitas, kesenangan, dan kemudahan akses terhadap kegiatan ekstrakurikuler tersebut. Mungkin juga terpengaruh oleh faktor-faktor lain seperti contoh yang ditunjukkan oleh teman-teman sebaya, atau iklan dan media yang mempromosikan kegiatan ekstrakurikuler tersebut.
Saya akan memiliki beberapa solusi yaitu:
- Menyediakan informasi yang lebih lengkap dan jelas
- Menyediakan fasilitas yang memadai, nyaman dan instruktur yang kompeten.
- Menggalakkan partisipasi aktif siswa dan siswi dalam setiap kegiatan ekstrakurikuler
Pendapat saya, fenomena tersebut mungkin terjadi karena minat siswa dan siswi di sekolah tersebut terpengaruh oleh faktor-faktor seperti popularitas, kesenangan, dan kemudahan akses terhadap kegiatan ekstrakurikuler tersebut. Mungkin juga terpengaruh oleh faktor-faktor lain seperti contoh yang ditunjukkan oleh teman-teman sebaya, atau iklan dan media yang mempromosikan kegiatan ekstrakurikuler tersebut.
Saya akan memiliki beberapa solusi yaitu:
- Menyediakan informasi yang lebih lengkap dan jelas
- Menyediakan fasilitas yang memadai, nyaman dan instruktur yang kompeten.
- Menggalakkan partisipasi aktif siswa dan siswi dalam setiap kegiatan ekstrakurikuler
2. Ada seorang pelajar yang lolos program pertukaran budaya ke Korea
Selatan. Pelajar ini memang sangat menggemari budaya Korea Selatan. Namun,
pada sisi lain, ia kurang mengenali budaya nasional, bahkan budaya lokal
asal daerahnya. Menurut kalian, bagaimana sebaiknya sikap pelajar ini?
Apakah pelajar ini sebaiknya membatalkan program pertukaran budaya
tersebut dan mengenali terlebih dahulu budaya nasional atau seperti
apa?
Jawaban :
Saya pikir, sebaiknya pelajar ini tidak perlu membatalkan program pertukaran budaya tersebut. Namun, ada sikap yang sebaiknya diambil oleh pelajar ini yaitu mempelajari dan mengenali budaya nasional dan budaya lokal asal daerahnya sebelum berangkat ke Korea Selatan. Selain memberikan wawasan yang lebih luas, hal ini juga akan membantu pelajar tersebut untuk lebih memahami dan menghargai budaya Korea Selatan saat di sana.
Saya pikir, sebaiknya pelajar ini tidak perlu membatalkan program pertukaran budaya tersebut. Namun, ada sikap yang sebaiknya diambil oleh pelajar ini yaitu mempelajari dan mengenali budaya nasional dan budaya lokal asal daerahnya sebelum berangkat ke Korea Selatan. Selain memberikan wawasan yang lebih luas, hal ini juga akan membantu pelajar tersebut untuk lebih memahami dan menghargai budaya Korea Selatan saat di sana.
3. Banyak budaya nasional dan kearifan lokal yang terancam punah, seperti
Gambang Semarangan, Terebang Gede, dan Nataki. Padahal, budaya nasional
tersebut bisa jadi destinasi wisata menarik. Jika kalian menjadi menteri
pariwisata, apa yang kalian rencanakan dan programkan untuk memajukan
budaya nasional?
Jawaban :
Sebagai menteri pariwisata, saya akan mengusulkan beberapa program yaitu:
1. Mempromosikan budaya nasional dan kearifan lokal kepada wisatawan domestik maupun mancanegara, dengan mengikutsertakan budaya nasional dan kearifan lokal dalam paket wisata yang disediakan.
2. Menyediakan fasilitas yang memadai untuk pementasan budaya nasional dan kearifan lokal, seperti panggung terbuka dan tempat pertunjukan khusus.
3. Menggandeng organisasi-organisasi yang bergerak di bidang budaya, seperti kelompok musik, tari, dan seni tradisional, untuk mempromosikan budaya nasional dan kearifan lokal kepada wisatawan.
4. Mendorong masyarakat setempat untuk terlibat dalam pementasan budaya nasional dan kearifan lokal, seperti dengan cara memberi insentif kepada masyarakat yang berhasil menarik wisatawan ke destinasi tersebut.
Sebagai menteri pariwisata, saya akan mengusulkan beberapa program yaitu:
1. Mempromosikan budaya nasional dan kearifan lokal kepada wisatawan domestik maupun mancanegara, dengan mengikutsertakan budaya nasional dan kearifan lokal dalam paket wisata yang disediakan.
2. Menyediakan fasilitas yang memadai untuk pementasan budaya nasional dan kearifan lokal, seperti panggung terbuka dan tempat pertunjukan khusus.
3. Menggandeng organisasi-organisasi yang bergerak di bidang budaya, seperti kelompok musik, tari, dan seni tradisional, untuk mempromosikan budaya nasional dan kearifan lokal kepada wisatawan.
4. Mendorong masyarakat setempat untuk terlibat dalam pementasan budaya nasional dan kearifan lokal, seperti dengan cara memberi insentif kepada masyarakat yang berhasil menarik wisatawan ke destinasi tersebut.
Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban PPKN Kelas 8 Halaman 118 Kurikulum Merdeka"
Posting Komentar