Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 41 - 44 Review Bab 1 Kurikulum Merdeka
Berikut ini adalah pembahasan dan Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Semester 1
Halaman 41 - 44 Kurikulum Merdeka Bab 1 Hakikat Ilmu Sains dan Metode Ilmiah
Hal 41 - 44 Review Bab 1 Nomor 1 Esai. Kunci jawaban ini dibuat untuk
membantu mengerjakan soal ipa bagi kelas 7 di semester 1 halaman 41 - 44.
Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 41 - 44 Review Bab 1 Kurikulum Merdeka
1. Ada enam cabang utama ilmu Sains, yaitu Astronomi, Biologi, Fisika,
Kimia, Geologi dan Ekologi. Sebutkan fokus masing-masing cabang ilmu
tersebut.
Jawaban :
Biologi: Mempelajari makhluk hidup
Fisika: Mempelajari gejala dan fenomena alam, sifat benda-benda
Kimia: Zat atau materi dan perubahannya (reaksi kimia)
Astronomi: Tata Surya
Geologi: Bumi dan perubahannya
Ekologi: Interaksi makhluk hidup dengan lingkungan
Biologi: Mempelajari makhluk hidup
Fisika: Mempelajari gejala dan fenomena alam, sifat benda-benda
Kimia: Zat atau materi dan perubahannya (reaksi kimia)
Astronomi: Tata Surya
Geologi: Bumi dan perubahannya
Ekologi: Interaksi makhluk hidup dengan lingkungan
2. Identifikasikan lima hal yang akan menimbulkan masalah keselamatan di
laboratorium IPA dalam gambar berikut ini. Berikan alasan kalian mengapa
hal tersebut menjadi masalah.
Jawaban :
1) Berlarian di laboratorium bisa membahayakan karena ada kemungkinan menyenggol orang yang sedang membawa bahan kimia.
2) Mengarahkan tabung reaksi ke wajah ketika memanaskan cairan di dalamnya. Cairan yang dipanaskan akan menguap dan bisa mengenai wajahnya.
3) Tidak menggunakan jas laboratorium, kacamata pengamat dan sarung tangan. Bahan kimia dapat dengan tidak sengaja langsung bersentuhan dengan kulit / bagian tubuh yang sensitif.
4) Mencampurkan bahan kimia tanpa instruksi guru. Bahan kimia yang digunakan mungkin saja berbahaya/ korosif, dapat menyebabkan kebakaran/ ledakan atau menghasilkan gas beracun.
5) Rambut yang panjang tidak diikat ketika menggunakan api. Rambut bisa terbakar ketika kena api.
1) Berlarian di laboratorium bisa membahayakan karena ada kemungkinan menyenggol orang yang sedang membawa bahan kimia.
2) Mengarahkan tabung reaksi ke wajah ketika memanaskan cairan di dalamnya. Cairan yang dipanaskan akan menguap dan bisa mengenai wajahnya.
3) Tidak menggunakan jas laboratorium, kacamata pengamat dan sarung tangan. Bahan kimia dapat dengan tidak sengaja langsung bersentuhan dengan kulit / bagian tubuh yang sensitif.
4) Mencampurkan bahan kimia tanpa instruksi guru. Bahan kimia yang digunakan mungkin saja berbahaya/ korosif, dapat menyebabkan kebakaran/ ledakan atau menghasilkan gas beracun.
5) Rambut yang panjang tidak diikat ketika menggunakan api. Rambut bisa terbakar ketika kena api.
3. Apakah nama alat-alat laboratorium di bawah ini? Terbuat dari bahan
apakah alat-alat tersebut dan apa saja kegunaan alat-alat itu? Tuliskan
jawaban kalian dengan lengkap.
Jawaban :
a) Nama: Gelas kimia
Terbuat dari gelas atau plastik
Untuk mencampur/ memanaskan bahan kimia
b) Nama: Tabung reaksi
Terbuat dari gelas/ kaca
Untuk mencampur/ memanaskan bahan kimia dalam jumlah sedikit
c) Nama: Cawan porselen
Terbuat dari keramik
Untuk menguapkan cairan dalam suatu campuran
d) Nama: Gelas ukur
Terbuat dari gelas atau plastik
Untuk mengukur volume cairan
e) Nama: Corong
Terbuat dari gelas atau plastik
Untuk menyaring campuran
f) Nama: Labu Erlenmeyer
Terbuat dari gelas atau kaca
Untuk mencampur/ memanaskan bahan kimia, terutama yang menghasilkan gas, juga untuk menyaring
g) Nama: Termometer
Terbuat dari gelas dan air raksa/ alkohol
Untuk mengukur suhu
h) Nama: Kaki tiga
Terbuat dari logam
Untuk menopang alat lain dalam proses pemanasan
a) Nama: Gelas kimia
Terbuat dari gelas atau plastik
Untuk mencampur/ memanaskan bahan kimia
b) Nama: Tabung reaksi
Terbuat dari gelas/ kaca
Untuk mencampur/ memanaskan bahan kimia dalam jumlah sedikit
c) Nama: Cawan porselen
Terbuat dari keramik
Untuk menguapkan cairan dalam suatu campuran
d) Nama: Gelas ukur
Terbuat dari gelas atau plastik
Untuk mengukur volume cairan
e) Nama: Corong
Terbuat dari gelas atau plastik
Untuk menyaring campuran
f) Nama: Labu Erlenmeyer
Terbuat dari gelas atau kaca
Untuk mencampur/ memanaskan bahan kimia, terutama yang menghasilkan gas, juga untuk menyaring
g) Nama: Termometer
Terbuat dari gelas dan air raksa/ alkohol
Untuk mengukur suhu
h) Nama: Kaki tiga
Terbuat dari logam
Untuk menopang alat lain dalam proses pemanasan
4. Apakah perbedaan antara besaran pokok dan besaran turunan? Sebutkan
masing-masing dua contoh.
Jawaban :
Besaran pokok adalah besaran yang dijadikan dasar untuk menetapkan besaran lain. Contohnya adalah massa, waktu, suhu dan panjang.
Besaran turunan adalah besaran yang ditetapkan dari besaran pokok. Contohnya adalah luas, kecepatan, volume, gaya dan sebagainya.
Besaran pokok adalah besaran yang dijadikan dasar untuk menetapkan besaran lain. Contohnya adalah massa, waktu, suhu dan panjang.
Besaran turunan adalah besaran yang ditetapkan dari besaran pokok. Contohnya adalah luas, kecepatan, volume, gaya dan sebagainya.
5. Tuliskanlah hasil pengukuran di bawah ini disertai dengan satuannya
yang benar.
6. Berdasarkan gambar di bawah ini, tentukan volume batu.
Jawaban :
Volume batu = volume akhir - volume awal
= 40 - 20
= 20 mL
Jadi, volume batu tersebut adalah 20 mL.
Volume batu = volume akhir - volume awal
= 40 - 20
= 20 mL
Jadi, volume batu tersebut adalah 20 mL.
7. Bagas, Raffen, Nyongki dan Daniel ingin mengetahui apakah waktu untuk
mendidihkan air akan lebih cepat apabila airnya diberikan garam terlebih
dahulu atau tidak. Bantulah mereka:
a) menentukan tujuan percobaan
b) menentukan variabel-variabel dalam percobaan mereka
c) tuliskan langkah-langkah kerja/ prosedur mengerjakan percobaan ini.
Jawaban :
a) Tujuan percobaan: menyelidiki pengaruh penambahan garam pada waktu mendidihnya air
b) Variabel bebas: jumlah garam yang ditambahkan
variabel terikat: waktu mendidihnya air
variabel kontrol: jumlah air yang digunakan, jenis dan merk mie yang digunakan, pengadukan dan wadah yang digunakan
c) Langkah-langkah / prosedur :
1. Tuangkanlah air ke dalam2 gelas kimia sama banyak
2. Tambahkan garam pada salah satu gelas kimia berisi air
3. Panaskan gelas kimia di atas api.
4. Perhatikan stopwatch, hitung waktu memulai memanaskan air dan hentikan stopwatch pada saat air mulai mendidih.
5. Hitung dan bandingkan waktu, lebih cepat mana air mendidih.
a) Tujuan percobaan: menyelidiki pengaruh penambahan garam pada waktu mendidihnya air
b) Variabel bebas: jumlah garam yang ditambahkan
variabel terikat: waktu mendidihnya air
variabel kontrol: jumlah air yang digunakan, jenis dan merk mie yang digunakan, pengadukan dan wadah yang digunakan
c) Langkah-langkah / prosedur :
1. Tuangkanlah air ke dalam2 gelas kimia sama banyak
2. Tambahkan garam pada salah satu gelas kimia berisi air
3. Panaskan gelas kimia di atas api.
4. Perhatikan stopwatch, hitung waktu memulai memanaskan air dan hentikan stopwatch pada saat air mulai mendidih.
5. Hitung dan bandingkan waktu, lebih cepat mana air mendidih.
Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 41 - 44 Review Bab 1 Kurikulum Merdeka"
Posting Komentar