Kunci Jawaban Matematika Kelas 9 Halaman 212 - 216 Latihan 4.1
Berikut ini adalah pembahasan dan Kunci Jawaban Matematika Kelas 9 Semester 1
Halaman 212 - 216. Bab 4 Kekongruenan dan Kesebangunan 4.1 Hal 212 - 216
Nomor 1 - 14 Essai. Kunci jawaban ini dibuat untuk membantu mengerjakan soal
matematika bagi kelas 9 di semester 1 halaman 212 - 216. Semoga dengan adanya
pembahasan serta kunci jawaban ini adik-adik kelas 9 dapat menyelesaikan tugas
Kekongruenan dan Kesebangunan Kelas 9 Halaman 212 - 216 yang diberikan oleh
bapak ibu/guru. Kunci Jawaban MTK Kelas 9 Semester 1.
Kunci Jawaban Matematika Kelas 9 Halaman 212 - 216 Latihan 4.1
1. Manakah di antara gambar di bawah ini yang kongruen?
Jawaban : (a - j), (b - i), (c - f), (d - g), (e - h)
2. Manakah di antara gambar di bawah ini yang kongruen?
Jawaban : (a - d - h), (b - e - i), (c - f - g)
3. Apakah menurutmu pensil warna pada gambar di samping ini kongruen?
Jelaskan.
Jawaban :
- Pensil-pensil tersebut kongruen jika ternyata ukuran dan bentuknya sama
- Pensil-pensil tersebut tidak kongruen jika ternyata ukuran dan bentuknya berbeda
- Pensil-pensil tersebut kongruen jika ternyata ukuran dan bentuknya sama
- Pensil-pensil tersebut tidak kongruen jika ternyata ukuran dan bentuknya berbeda
4. Tuliskan pasangan bangun yang kongruen. Tuliskan langkahmu menentukan
bangun tersebut, digeser (translasi), diputar (rotasi), atau gabungannya?
Jawaban : A – D – M, I – L, dan C – O
a) Bangun trapesium A dengan bangun trapesium B (digeser)
b) Bangun trapesium A dengan bangun trapesium M (diputar 180⁰)
c) Bangun trapesium B dengan bangun trapesium M (diputar 180⁰)
e) Bangun segitiga I dengan bangun segitiga L (diputar 90⁰ berlawanan arah jarum jam)
f) Bangun segitiga J dengan bangun segitiga O (diputar 180⁰)
a) Bangun trapesium A dengan bangun trapesium B (digeser)
b) Bangun trapesium A dengan bangun trapesium M (diputar 180⁰)
c) Bangun trapesium B dengan bangun trapesium M (diputar 180⁰)
e) Bangun segitiga I dengan bangun segitiga L (diputar 90⁰ berlawanan arah jarum jam)
f) Bangun segitiga J dengan bangun segitiga O (diputar 180⁰)
5. Berikut ini adalah pasangan bangun yang kongruen. Tuliskan sisi-sisi
dan sudutsudut yang bersesuaian.
Jawaban :
(i) Sisi-sisi yang bersesuaian: AB = NO, BC = OM, AC = NM
Sudut-sudut yang bersesuaian: ∠A = ∠N, ∠B = ∠O, ∠C = ∠M
(ii) Sisi-sisi yang bersesuaian: AB = MN, BC = NO, CD = OP, DA = PM
Sudut-sudut yang bersesuaian: ∠A = ∠M, ∠B = ∠N, ∠C = ∠O, ∠D = ∠P
(iii) Sisi-sisi yang bersesuaian: AB = DE, BC = EF, AC = DF
Sudut-sudut yang bersesuaian: ∠A = ∠D, ∠B = ∠E, ∠C = ∠F
(iv) Sisi-sisi yang bersesuaian: AB = JK, BC = KL, CD = LM, DA = MJ
Sudut-sudut yang bersesuaian: ∠A = ∠J, ∠B = ∠K, ∠C = ∠L, ∠D = ∠M
(v) Sisi-sisi yang bersesuaian: JK = SR, KL = RQ, LM = QV, MN = VT, NJ = TS,
Sudut-sudut yang bersesuaian: ∠J = ∠S, ∠K = ∠R, ∠L = ∠Q, ∠M = ∠V, ∠N = ∠T
(vi) Sisi-sisi yang bersesuaian: PQ = VW, QR = VZ, RS = ZY, ST = YX, TP = XW
Sudut-sudut yang bersesuaian: ∠P = ∠W, ∠Q = ∠V, ∠R = ∠Z, ∠S = ∠Y, ∠T = ∠X
(i) Sisi-sisi yang bersesuaian: AB = NO, BC = OM, AC = NM
Sudut-sudut yang bersesuaian: ∠A = ∠N, ∠B = ∠O, ∠C = ∠M
(ii) Sisi-sisi yang bersesuaian: AB = MN, BC = NO, CD = OP, DA = PM
Sudut-sudut yang bersesuaian: ∠A = ∠M, ∠B = ∠N, ∠C = ∠O, ∠D = ∠P
(iii) Sisi-sisi yang bersesuaian: AB = DE, BC = EF, AC = DF
Sudut-sudut yang bersesuaian: ∠A = ∠D, ∠B = ∠E, ∠C = ∠F
(iv) Sisi-sisi yang bersesuaian: AB = JK, BC = KL, CD = LM, DA = MJ
Sudut-sudut yang bersesuaian: ∠A = ∠J, ∠B = ∠K, ∠C = ∠L, ∠D = ∠M
(v) Sisi-sisi yang bersesuaian: JK = SR, KL = RQ, LM = QV, MN = VT, NJ = TS,
Sudut-sudut yang bersesuaian: ∠J = ∠S, ∠K = ∠R, ∠L = ∠Q, ∠M = ∠V, ∠N = ∠T
(vi) Sisi-sisi yang bersesuaian: PQ = VW, QR = VZ, RS = ZY, ST = YX, TP = XW
Sudut-sudut yang bersesuaian: ∠P = ∠W, ∠Q = ∠V, ∠R = ∠Z, ∠S = ∠Y, ∠T = ∠X
6. Manakah belah ketupat di bawah ini yang kongruen? Jelaskan.
Jawaban : Gambar (a) dan (c) karena sisi-sisi yang bersesuaian sama panjang dan sudutsudut yang bersesuaian sama besar.
7. Diketahui trapesium ABCD dan trapesium FEHG adalah kongruen. Jika
panjang sisi AD = 12 cm, DC = 13 cm dan EF = 22 cm maka tentukan panjang EH.
Jawaban :
FG = AD = 12 cm
GH = DC = 13 cm
EF = AB = 22 cm
EH² = FG² + (EF - GH)²
EH² = 12² + (22 - 13)²
EH² = 12² + 9²
EH² = 144 + 81
EH² = 225
EH = √225
EH = 15
Jadi, panjang EH adalah 15 cm.
FG = AD = 12 cm
GH = DC = 13 cm
EF = AB = 22 cm
EH² = FG² + (EF - GH)²
EH² = 12² + (22 - 13)²
EH² = 12² + 9²
EH² = 144 + 81
EH² = 225
EH = √225
EH = 15
Jadi, panjang EH adalah 15 cm.
8. Perhatikan gambar berikut ini. Jika dua gambar di samping kongruen,
tentukan nilai u dan v pada gambar tersebut.
Jawaban : ∠u = 75° dan ∠v = 70°
9. Perhatikan dua gambar rumah tampak dari depan yang kongruen berikut
ini.
Jawaban :
a) Panjang AB = JK, BC = KL, CD = LM, DE = MN, EA = NJ
b) Besar ∠A = ∠J, ∠B = ∠K, ∠C = ∠L, ∠D = ∠M, ∠E = ∠N
c) Panjang KJ = 5 m, KL = 4 m, LM = 8 m
d) Keliling JKLMN = 26 m, luas JKLMN = 44 m²
a) Panjang AB = JK, BC = KL, CD = LM, DE = MN, EA = NJ
b) Besar ∠A = ∠J, ∠B = ∠K, ∠C = ∠L, ∠D = ∠M, ∠E = ∠N
c) Panjang KJ = 5 m, KL = 4 m, LM = 8 m
d) Keliling JKLMN = 26 m, luas JKLMN = 44 m²
10. Analisis Kesalahan. Jelaskan dan perbaikilah pernyataan yang salah
berikut.
Jawaban :
Dua bangun tersebut mempunyai empat sisi dan sisi-sisi yang bersesuaian sama panjang, tetapi sudut-sudut yang bersesuaian tidak sama besar, jadi dua bangun tersebut tidak kongruen.
Dua bangun tersebut mempunyai empat sisi dan sisi-sisi yang bersesuaian sama panjang, tetapi sudut-sudut yang bersesuaian tidak sama besar, jadi dua bangun tersebut tidak kongruen.
11. Benar atau Salah. Trapesium pada gambar di samping ini kongruen.
Tentukan pernyataan berikut ini benar atau salah. Jelaskan.
Jawaban :
- Besar ∠Z =140° (Benar)
- Besar ∠C =40° (Benar)
- Sisi WZ bersesuaian dengan sisi CB (Benar)
- Keliling bangun ABCD sama dengan keliling WXYZ (Benar)
- Luas bangun ABCD tidak sama dengan luas WXYZ (Salah)
- Besar ∠Z =140° (Benar)
- Besar ∠C =40° (Benar)
- Sisi WZ bersesuaian dengan sisi CB (Benar)
- Keliling bangun ABCD sama dengan keliling WXYZ (Benar)
- Luas bangun ABCD tidak sama dengan luas WXYZ (Salah)
12. Bernalar Gambar di samping menunjukkan dua cara menggambar satu garis
untuk membagi persegi panjang menjadi dua bangun yang kongruen. Gambarkan
tiga cara lainnya.
13. Berpikir Kritis Apakah luas dua bangun yang kongruen pasti sama?
14. Berpikir Kritis Berapa banyak segitiga sama sisi kongruen paling
sedikit yang diperlukan untuk membentuk segitiga samasisi yang ukurannya
lebih besar dari segitiga sama sisi semula?
Jawaban : Ditambah sebanyak n - 1 bangun
Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Matematika Kelas 9 Halaman 212 - 216 Latihan 4.1"
Posting Komentar