Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 272 - 274 Uji Kompetensi Bab 4
Berikut ini adalah pembahasan dan Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 272 - 274. Bab 4 Perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dan tumbuhnya semangat kebangsaan Uji Kompetensi Bab IV Hal 272 - 274 Nomor 1 - 10 PG dan 1 - 5 Esai. Kunci jawaban ini dibuat untuk membantu mengerjakan soal ips bagi kelas 8 di halaman 272 - 274. Semoga dengan adanya pembahasan serta kunci jawaban uji kompetensi bab 4 ips kelas 8, adik-adik kelas 8 dapat menyelesaikan tugas perubahan masyarakat Indonesia Kelas 8 Halaman 272 - 274 yang diberikan oleh bapak ibu/guru. Kunci Jawaban Uji Kompetensi Bab IV IPS Kelas 8.
1. b. Raflles
2. a. rakyat dipaksa menyerahkan 1/5 tanah pertanian pada Belanda
3. b. irigasi telah memajukan pertanian khususnya di Jawa
4. b. tergantung pada satu pemimpin, mengandalkan kekuatan fisik, bersifat
kedaerahan
5. a. tidak tergantung pada satu pemimpin
6. a. Haji Samanhudi
7. d. 2, 4, dan 5
8. c. munculnya organisasi kedaerahan
9. c. romusha
10. c. PUTERA
Kunci Jawaban Esai Uji Kompetensi Bab 4 IPS Kelas 8 Halaman 274
4. Bagaimanakan sikap kaum pergerakan terhadap penjajahan yang dilakukan Jepang?
Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 272 - 274 Uji Kompetensi Bab 4
Kunci Jawaban Pilihan Ganda Uji Kompetensi Bab 4 IPS Kelas 8 Halaman 2721. b. Raflles
2. a. rakyat dipaksa menyerahkan 1/5 tanah pertanian pada Belanda
3. b. irigasi telah memajukan pertanian khususnya di Jawa
4. b. tergantung pada satu pemimpin, mengandalkan kekuatan fisik, bersifat
kedaerahan
5. a. tidak tergantung pada satu pemimpin
6. a. Haji Samanhudi
7. d. 2, 4, dan 5
8. c. munculnya organisasi kedaerahan
9. c. romusha
10. c. PUTERA
Kunci Jawaban Esai Uji Kompetensi Bab 4 IPS Kelas 8 Halaman 274
1. Jelaskan bagaimana penderitaan bangsa Indonesia akibat penjajahan pada masa VOC!
Jawaban :
- Masyarakat Indonesia banyak mendapatkan perlakuan yang tidak manusiawi dengan berbagai macam bentuk tindak kekerasan yang dilakukan oleh VOC.
- Masyarakat Indonesia pada saat itu hanya diperbolehkan menjual bahan rempah-rempah kepada pihak VOC dengan harga murah, sehingga membuat penduduk menjadi miskin dan kelaparan.
- VOC dengan sengaja melakukan politik devide et impera yaitu politik adu domba kerajaan-kerajaan yang ada di Indonesia pada masa itu sehingga membuat saling perang antar saudara se-Indonesia.
- Masyarakat Indonesia banyak mendapatkan perlakuan yang tidak manusiawi dengan berbagai macam bentuk tindak kekerasan yang dilakukan oleh VOC.
- Masyarakat Indonesia pada saat itu hanya diperbolehkan menjual bahan rempah-rempah kepada pihak VOC dengan harga murah, sehingga membuat penduduk menjadi miskin dan kelaparan.
- VOC dengan sengaja melakukan politik devide et impera yaitu politik adu domba kerajaan-kerajaan yang ada di Indonesia pada masa itu sehingga membuat saling perang antar saudara se-Indonesia.
2. Faktor-faktor apa saja yang melatarbelakangi Belanda menerapkan sistem Tanam Paksa di Indonesia?
Jawaban :
- Belanda menghabiskan banyak uang dalam peperangan menghadapi Diponegoro, sehingga menyebabkan banyak kerugian yang berpengaruh besar terhadap kas negara belanda pada saat itu.
- Kas belanda pada saat itu mengalami kekosongan sehingga membutuhkan banyak uang untuk membayar hutang-hutangnya dan mengisi kekosongan kas tersebut.
- Belanda menghabiskan banyak uang dalam peperangan menghadapi Diponegoro, sehingga menyebabkan banyak kerugian yang berpengaruh besar terhadap kas negara belanda pada saat itu.
- Kas belanda pada saat itu mengalami kekosongan sehingga membutuhkan banyak uang untuk membayar hutang-hutangnya dan mengisi kekosongan kas tersebut.
3. Bagaimanakah manfaat Sumpah Pemuda bagi kehidupan bangsa dan bernegara saat ini?
Jawaban :
Sumpah pemuda yang lahir tanggal 28 Oktober 1928 itu, saat ini telah menciptakan masyarakat Indonesia yang beragam dan hidup saling berdampingan satu sama lain. Selain itu rasa nasionalisme dan patriotisme yang ditinggalkan pada saat masih tetap ada hingga saat ini.
Sumpah pemuda yang lahir tanggal 28 Oktober 1928 itu, saat ini telah menciptakan masyarakat Indonesia yang beragam dan hidup saling berdampingan satu sama lain. Selain itu rasa nasionalisme dan patriotisme yang ditinggalkan pada saat masih tetap ada hingga saat ini.
4. Bagaimanakan sikap kaum pergerakan terhadap penjajahan yang dilakukan Jepang?
Jawaban :
Para kaum pergerakan sangat marah atas segala tindakan kesewenang-wenangan yang dilakukan oleh Jepang. Oleh karena itu, para kaum pergerakan tidak tinggal diam dan malah memanfaatkan keadaan tersebut untuk meningkatkan rasa nasionalisme Indonesia. Mereka kemudian mengadakan berbagai pertemuan rahasia untuk mengusir penjajah jepang.
Para kaum pergerakan sangat marah atas segala tindakan kesewenang-wenangan yang dilakukan oleh Jepang. Oleh karena itu, para kaum pergerakan tidak tinggal diam dan malah memanfaatkan keadaan tersebut untuk meningkatkan rasa nasionalisme Indonesia. Mereka kemudian mengadakan berbagai pertemuan rahasia untuk mengusir penjajah jepang.
5. Bagaimanakah sikap kalian sebagai pemuda memaknai kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh para pejuang?
Jawaban :
- Ikut bangga dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan lomba-lomba atau acara saat hari kemerdekaan.
- Meneruskan semangat juang para pahlawan kemerdekaan dengan menghasilkan karya-karya berprestasi.
- Menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia yang telah dibangun sejak dahulu.
- Ikut bangga dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan lomba-lomba atau acara saat hari kemerdekaan.
- Meneruskan semangat juang para pahlawan kemerdekaan dengan menghasilkan karya-karya berprestasi.
- Menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia yang telah dibangun sejak dahulu.
3 Komentar untuk "Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 272 - 274 Uji Kompetensi Bab 4"
Thank you so much ya kk semangat terus dan sukses selalu 😊
makasih kak bantu banget
Sangat membantu:)
Posting Komentar