Kunci Jawaban Matematika Kelas 7 Halaman 205 Ayo Kita Berlatih 8.2
Berikut ini adalah pembahasan dan Kunci Jawaban Matematika Kelas 7 Semester 2 Halaman 205 Bab 8 Segiempat dan Segitiga Ayo Kita berlatih 8.2 Hal 205 Nomor 5, 6, 7. Kunci jawaban ini dibuat untuk membantu mengerjakan soal matematika bagi kelas 7 di semester 2 halaman 205. Semoga dengan adanya pembahasan serta kunci jawaban ini adik-adik kelas 7 dapat menyelesaikan tugas Segiempat dan Segitiga Matematika Kelas 7 Halaman 205 yang diberikan oleh bapak ibu/guru.
6. Diketahui jajar genjang ABCD dengan diagonal berpotongan saling tegak lurus. Apakah jajar genjang ABCD dapat juga dikatakan belah ketupat ABCD? Jelaskan jawabanmu.
7. Kinan dan Ningsih mendeskripsikan definisi segiempat yang merupakan jajargenjang. Manakah di antara Kinan dan Ningsih yang mendeskripsikan jajargenjang dengan benar? Jelaskan.
Kunci Jawaban Matematika Kelas 7 Halaman 205 Ayo Kita Berlatih 8.2
Jika besar ∠KLN = 45° dan ∠ MNL = 30°. tentukan:
a. besar ∠MLN
b. besar ∠KNL
c. besar ∠LKM
d. besar ∠KML
e. besar ∠NKM
f. besar ∠NMK
g. jumlah ∠LKM, ∠KNM, ∠NML, dan ∠MLK
Jawaban :
a)
∠MLN = ∠KLN
= 45°
Jadi, besar ∠MLN = 45°.
b)
∠KNL = ∠MNL
= 30°
Jadi, besar ∠KNL = 30°.
c)
∠LKM = 180° - 45° - 90°
= 45°
Jadi, besar ∠LKM = 45°.
d)
∠KML = ∠LKM
= 45°
Jadi, besar ∠KML = 45°.
e)
∠NKM = 180° - 90° - 30°
= 60°
Jadi, besar ∠NKM = 60°.
f)
∠NMK = ∠NKM
= = 60°
Jadi, besar ∠NMK = 60°.
g)
Jumlah ∠LKM, ∠KNM, ∠NML, dan ∠MLK
= 45° + 60° + 105° + 90°
= 300°
Jadi, jumlah Jumlah ∠LKM, ∠KNM, ∠NML, dan ∠MLK adalah 300°.
a)
∠MLN = ∠KLN
= 45°
Jadi, besar ∠MLN = 45°.
b)
∠KNL = ∠MNL
= 30°
Jadi, besar ∠KNL = 30°.
c)
∠LKM = 180° - 45° - 90°
= 45°
Jadi, besar ∠LKM = 45°.
d)
∠KML = ∠LKM
= 45°
Jadi, besar ∠KML = 45°.
e)
∠NKM = 180° - 90° - 30°
= 60°
Jadi, besar ∠NKM = 60°.
f)
∠NMK = ∠NKM
= = 60°
Jadi, besar ∠NMK = 60°.
g)
Jumlah ∠LKM, ∠KNM, ∠NML, dan ∠MLK
= 45° + 60° + 105° + 90°
= 300°
Jadi, jumlah Jumlah ∠LKM, ∠KNM, ∠NML, dan ∠MLK adalah 300°.
6. Diketahui jajar genjang ABCD dengan diagonal berpotongan saling tegak lurus. Apakah jajar genjang ABCD dapat juga dikatakan belah ketupat ABCD? Jelaskan jawabanmu.
Jawaban :
Tidak, karena sifat belah ketupat yaitu :
- memiliki sepasang diagonal yang berpotongan sama panjang dan tegak lurus
- panjang masing-masing sisi belah ketupat sama.
Sedangkan pada jajargenjang ABCD tersebut hanya memenuhi satu sifat dari belah ketupat yaitu diagonaal berpotongan tegas lurus.
Jadi, jajar genjang ABCD tidak dapat dikatakan belah ketupat ABCD.
Tidak, karena sifat belah ketupat yaitu :
- memiliki sepasang diagonal yang berpotongan sama panjang dan tegak lurus
- panjang masing-masing sisi belah ketupat sama.
Sedangkan pada jajargenjang ABCD tersebut hanya memenuhi satu sifat dari belah ketupat yaitu diagonaal berpotongan tegas lurus.
Jadi, jajar genjang ABCD tidak dapat dikatakan belah ketupat ABCD.
7. Kinan dan Ningsih mendeskripsikan definisi segiempat yang merupakan jajargenjang. Manakah di antara Kinan dan Ningsih yang mendeskripsikan jajargenjang dengan benar? Jelaskan.
Jawaban :
Deskripsi yang paling tepat adalah milik Ningsih, karena salah satu ciri jajargenjang yaitu memiliki sepasang sisi yang berhadapan sama panjang dan sejajar.
Jadi, yang benar adalah Ningsih.
Deskripsi yang paling tepat adalah milik Ningsih, karena salah satu ciri jajargenjang yaitu memiliki sepasang sisi yang berhadapan sama panjang dan sejajar.
Jadi, yang benar adalah Ningsih.
Belum ada Komentar untuk "Kunci Jawaban Matematika Kelas 7 Halaman 205 Ayo Kita Berlatih 8.2"
Posting Komentar